Begini Tips Memperoleh Foto Terbaik Menggunakan Kamera Polaroid

Sempat redup dan dinilai desainnya tidak menyesuaikan zaman, kamera polaroid kembali hadir dan kini sukses kembali menjadi tren di kalangan anak muda zaman sekarang. Kamera yang ditemukan oleh Edwin H. Land pada tahun 1948 ini menjadi populer karena didesain ulang dengan bentuk yang lebih trendy dan dibalut dengan warna modern yang disukai oleh para kalangan muda saat ini. Lalu bagaimana cara mendapatkan hasil jepretan terbaik menggunakan kamera ini? Berikut ulasannya untuk Anda.

Begini Tips Memperoleh Foto Terbaik Menggunakan Kamera Polaroid

Tips memperoleh hasil jepretan terbaik menggunakan kamera polaroid

Sekedar informasi, penggunaan kamera polaroid dengan kamera lain pada umumnya tidak memiliki perbedaan. Anda hanya harus memanfaatkan pencahayaan dan waktu yang pas agar sensor cahaya pada kamera ini bisa merekam gambar dengan sempurna sehingga gambar foto yang dihasilkan bisa maksimal. Tetapi tidak hanya itu, Anda juga harus memerhatikan beberapa hal berikut ini agar gambar yang diambil maksimal.

Memahami tipe kamera polaroid

Setidaknya sebelum menggunakan kamera polaroid, Anda harus tahu bahwa kamera ini setidaknya memiliki tiga tipe di antaranya yaitu polaroid Spectra, SX-70 dan tipe 600. Dari ketiga tipe tersebut, salah satu tipe yang paling terkenal yaitu tipe 600. Tipe ini memiliki bentuk kotak dengan ciri khasnya tersendiri yang membuat ingatan Anda kembali pada masa eranya stereotipe kamera yang merupakan kamera generasi terbaru yang sangat terkenal di era tahun 90-an.

Sedangkan untuk tipe SX-70, bentuknya juga tidak jauh berbeda dengan tipe 600. Namun untuk tipe ini, filmnya dinilai kurang sensitif dan ASAnya hanya 70 sehingga akan membuat kamera ini sangat sukar digunakan untuk mengambil gambar pada posisi pencahayaan yang tidak maksimal. Sedangkan untuk yang tipe spectra, tipe ini juga merupakan turunan dari tipe 600 namun dengan frame yang lebih besar dan lebih ditujukan kepada kalangan fotografer yang sudah profesional.

Baca juga Ini Alasan Mengapa Kamera Polaroid Kini Kembali Popular dan Menjadi Pilihan

Menyimpan film polaroid dalam kulkas

Sekedar informasi, film dari kamera polaroid sejatinya mudah rusak jika diletakkan pada suhu panas. Maka dari itu, ketika Anda menyetok film polaroid dalam jumlah yang banyak, maka lebih baik disimpan dalam lemari es. Setidaknya suhu yang ada pada lemari es akan membuat film ini lebih awet. Untuk menggunakannya, Anda keluarkan dulu dari kulkas, dan biarkan terkena angin selama satu jam sampai mencapai suhu ruangan normal pad umumnya.

Memerhatikan detail exposure kamera

Masalah exposure merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pengambilan gambar. Itulah mengapa Anda dituntut untuk memahami secara detail mengenai exposure dari kamera polaroid ini. Namun untuk tipe 600 tidak begitu sulit mengenai masalah exposurenya. Sedangkan untuk tipe SX-70, Anda wajib memerhatikan exposurenya secara detail. Sejatinya angka exposure setiap kamera polaroid berbeda-beda, maka dari itu Anda harus memperhatikannya secara detail.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *