Begini Cara Menghasilkan Landscape Photography yang Memukau

Landscape fotografi atau biasa disebut dengan fotografi ruang dunia merupakan sebuah hasil gambar yang menceritakan luas area yang tak berujung maupun dalam area terbatas. Bukan hanya sebatas pada eksotisme alam saja, terkadang fitur buatan manusia pun dapat masuk dalam kategori landscape. Jadi pada intinya, semua gambar hasil foto yang berada diluar ruangan yang mempresentasikan sebuah pemandangan alam yang khas dengan sifat naturalnya juga sudah dapat disebut dengan fotografi landscape. Seorang fotografer profesional membutuhkan kesabaran tinggi dan momen yang tepat agar bisa menghasilkan sebuah foto landscape.

 Begini Cara Menghasilkan Landscape Photography yang Memukau

Ada 3 style yang paling sering diterapkan dalam fotografi ruang dunia atau landscape, yaitu:

  • Representational.

Gaya ini juga sering dikenal sebagai gaya deskriptif dimana sebuah gambar yang dihasilkan nantinya akan menggambarkan keadaan obyek sealami mungkin tanpa menambahkan efek visual dan manipulasi buatan lainnya. Ada tiga elemen yang sangat penting agar dapat menghasilkan gaya ini yaitu cuaca, waktu dan cahaya.

  • Impressional.

Sedangkan gaya yang satu ini cenderung lebih menggunakan tehnik fotografi supaya gambar yang dihasilkan dapat semenarik mungkin saat dilihat. Akan tetapi, karena tehnik tersebut tentunya hasil gambar dan kondisi realita obyeknya akan sedikit berbeda. Biasanya para fotografer akan menggunakan shutter speed lambat dan aperture kecil serta beberapa efek filter saat menerapkan gaya ini.

  • Abstrak.

Sama seperti sifat seni yang lain, abstrak berarti sebuah hasil imajinasi seni yang diolah oleh ahlinya agar dapat menghasilkan karya yang unik. 

Itulah tiga jenis gaya yang paling sering diterapkan dalam dunia landscape photography. Supaya foto yang Anda hasilkan bisa sesuai dengan ekspektasi, maka selain peralatan fotografi yang mendukung, Anda juga harus bisa menghasilkan sebuah gambar yang mampu bercerita sesuai dengan karakter foto landscape. Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara menghasilkan sebuah gambar landscape yang memukau, antara lain:

  • Pilihlah obyek alam berupa langit atau daratan yang akan lebih memudahkan Anda saat akan menghasilkan sebuah foto landscape yang indah, namun Anda hanya perlu menonjolkan kekuatan salah satu elemennya saja dan biarkan yang lain tertangkap secara alami oleh frame Anda.
  • Carilah titik fokus dimana titik mata penikmat foto pertama kali akan tertuju dan bukan pada tempat Anda mengarahkan foto lensa.
  • Posisikan foreground sebaik mungkin supaya hasil foto Anda nantinya akan lebih berdimensi. Akan ada sebuah sensasi kedalaman tersendiri jika Anda dapat memposisikan sebuah foreground dengan tepat.
  • Meskipun sedikit repot saat membawanya, namun penyangga kamera tripod akan sangat membantu Anda dalam menghasilkan sebuah foto landscape yang memukau.

Baca juga Begini Tips Memperoleh Foto Terbaik Menggunakan Kamera Polaroid

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dan bisa dijadikan referensi jika ingin menghasilkan sebuah landscape photography yang memukau dan mampu menghipnotis setiap mata yang memandang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *