Beberapa Perawatan Kamera DSLR dan Cara Membersihkan Lensa Kamera yang Tepat

Kamera merupakan satu alat yang digunakan untuk memotret sebuah objek dalam satu frame yang diinginkan. Saat ini kamera DSLR cukup digilai karena beberapa peraturan yang menghasilkan foto yang lebih baik. Selain itu kamera DSLR juga perlu dirawat supaya selalu siap digunakan dan lebih awet. Perawatan kamera perlu diketahui supaya tidak ada komponen yang rusak, selain itu perlu juga mengetahui cara membersihkan lensa kamera.

 Beberapa Perawatan Kamera DSLR dan Cara Membersihkan Lensa Kamera yang Tepat

Berikut adalah beberapa cara perawatan untuk kamera diantaranya: 

  • Jauhkan kamera dari air, kamera sangat sensitif dengan air karena dapat merusak komponen internal karena sisa air akan membuat lensa berembun dan gunakan cleaning kit untuk membuat kamera tidak berdebu dan jamuran.
  • Jaga kebersihan lensa kamera, sebaiknya jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih langsung pada lensa sebaiknya menggunakan lap microfiber ke seluruh bagian lensa dan pasang lens cap ketika lensa tidak digunakan.
  • Bawa kamera didalam tas khusus, tas ini biasanya dilengkapi dengan bantalan empuk didalamnya untuk menjaga kamera dari segala macam benturan dan tersedia ruang khusus untuk menyimpan lensa, charger, filter dan perlengkapan lainnya.

 Selain itu, perawatan kamera dengan menjaga body kamera dengan minyak kayu putih karena lebih cepat kering dan memiliki kandungan air yang sangat sedikit. Aplikasikan cairan ke kain halus dan poles kain ke seluruh body kamera dan jangan lupa untuk menjangkau karet ring zoom dan ring fokus pada lensa. Perhatikan perawatan baterai kamera, apabila sudah melewati siklus 500 kali charging maka baterai akan menurun dan perlu mengganti baterai.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

 Berikut adalah cara membersihkan lensa kamera diantaranya: 

  • Siapkan ruang kerja bersih dan tidak berantakan, idealnya didalam ruangan dengan cahaya yang terang dan sebuah meja kerja untuk menaruh perlengkapan kamera dan alat pembersih yang terdiri dari blower, lens pen, swab, lens tissue, sensor clean, cotton bud dan cairan pembersih.
  • Lepas filter kamera yang terpasang di lensa, untuk digunakan melindungi kamera dari sinar UV, mulailah bersihkan satu persatu bagian mulai dari lens hood terlebih dahulu atau langsung ke lensa dan jangan lupa pasang kembali lens hood.
  • Awas lensa kamera tergores debu, sebaiknya meniup debu atau menggunakan blower khusus yang dijual untuk membersihkan kamera dan menggunakan kuas untuk membersihkan kaca dan bodi.

 Perawatan kamera terutama lensa menggunakan dua kain lap berbeda untuk kaca dan bodi karena masih ada kotoran bodi yang menempel bila menggunakan satu kain lap. Sebaiknya juga menggunakan beberapa peralatan lensa kamera yang benar supaya pembersihannya juga bagus. Beberapa perawatan ini akan membuat hasil tangkapan lebih jernih dan sebaiknya mencari tahu beberapa merek cairan pembersih yang aman untuk kamera.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *