Beberapa Kelebihan yang Dimiliki Kamera Analog

Jika ada suatu teknologi baru yang muncul dan lebih canggih tentu saja teknologi lama akan hilang bahkan dapat dikatakan sudah hampir musnah. Nah, hal itu lah yang dialami oleh kamera analog setelah kemunculan beberapa kamera digital. Tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa kamera jenis analog merupakan kamera yang kurang fleksibel, praktis dan juga kurang efisien dalam biaya yang dibutuhkan. Ya, mungkin beberapa pendapat buruk terhadap jenis kamera nondigital tersebut keluar sejak terdapat teknologi baru yang kemudian dijadikan sebagai pertimbangan.

Jika dilihat pasar kamera sekarang ini masyarakatnya lebih mengenal jenis kamera DSLR seperti Nikon, Canon atau lainnya yang merupakan produsen terbesar. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya jika dilihat dari sejarah kedua perusahaan tersebut muncul, berinovasi dan bersaing terlebih dahulu dalam pengembangan kamera nondigital. Memang dalam prosesnya kamera jenis analog lebih terlihat merepotkan karena harus mencuci cetak foto yang sebelumnya harus diubah terlebih dahulu menjadi negative film. Walaupun demikian tetap saja analog mempunyai keunggulan lain dibandingkan jenis kamera digital yaitu:

Baca juga: 4 Kiat Perawatan Kamera Analog Untuk Pemula

  • Resolusi sangat besar.

Dapat dikatakan ini merupakan kelebihan utama yang sangat mencolok dari keduanya yaitu dari kamera jenis analog mempunyai resolusi lebih besar. Jika Anda menggunakan kamera digital tentu saja akan ada batasan mengenai resolusi foto saat akan dicetak, jika melebihi pixel tentu saja gambar yang dihasilkan akan pecah. Hal itu tidak akan terjadi jika Anda menggunakan jenis kamera analog bahkan akan mencetak dalam ukuran satu lemaripun tetap akan menghasilkan gambar yang jernih.

  • Tidak perlu menggunakan baterai.

Sering menjadi kendala saat pengambilan gambar menggunakan kamera digital adalah kehabisan baterai. Jika Anda memilih menggunakan jenis analog tentu hal tersebut tidak akan terjadi. Karena penggunaan baterai hanya dalam saat-saat tertentu saja misalnya saat menjalankan exposure meter dan light meter.

  • Komponen lebih tahan lama.

Jika Anda menggunakan DSLR atau kamera digital lainnya harus sangat berhati-hati karena tidak sedikit kamera rusak hanya karena terjatuh atau terkena air. Dalam hal ini tentu tidak akan Anda temui saat menggunakan kamera jenis analog karena setiap komponennya lebih tahan banting sehingga lebih tahan lama.

  • Tidak terdapat noise.

Tidak sedikit masalah fotografi dalam hal noise yaitu sangat mengganggu karena bisa berupa bintik yang mengakibatkan hasil foto lebih jernih, hal itu tidak akan terjadi pada jenis analog.

Jadi sebenarnya jika dilihat lagi setiap kamera mempunyai kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Hanya saja analog kurang tepat digunakan untuk jaman sekarang yang setiap orang menginginkan untuk semuanya lebih mudah, cepat dan tentunya fleksibel. Untuk foto yang dihasilkan sendiri sebenarnya lebih menang jauh jenis kamera analog dari pada kamera digital. Selain itu juga tidak mungkin terjadi resiko penyimpanan foto yang tiba-tiba hilang karena error atau lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *