Bagaimana Memilih Tambahan Lensa Kamera HP yang Tepat? Inilah beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan!

Saat ini untuk mengambil gambar yang bagus, Anda sudah bisa menggunakan ponsel pintar yang bahkan kini sudah dilengkapi dengan dual kamera yang mampu untuk mengambil gambar dengan hasil yang tidak kalah bening dari kamera DSLR. Akan tetapi, untuk keperluan tertentu misalnya untuk mengambil gambar dalam jarak dekat atau untuk pengambilan gambar micro, dibutuhkan tambahan lensa kamera HP. Untuk memilih jenis lensa yang tepat, Anda harus mempertimbangkan hal berikut ini.

 Bagaimana Memilih Tambahan Lensa Kamera HP yang Tepat? Inilah beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan!

Pertama adalah perhatikan kebutuhan Anda. Sebelum membeli, pastikan jika Anda sudah tahu jenis lensa apa yang akan Anda beli dan fungsinya nanti. Ada berbagai jenis lensa tambahan untuk kamera hp dan diantaranya adalah: 

  • Lensa wide angel atau yang lebih dikenal dengan lensa selfie. Lensa ini biasanya digunakan untuk mengambil gambar dengan jangkauan yang lebih lebar namun jika dipergunakan sebagai lensa selfie, maka orang yang bisa ikut foto juga akan lebih banyak.
  • Lensa telescope atau yang lebih dikenal dengan lensa tele untuk mengambil gambar dari objek dalam jarak yang jauh.
  • Lensa fisheyes yang menghasilkan gambar cembung layaknya cara ikan memandang.
  • Lensa close up atau lensa macro untuk Anda yang suka mengambil gambar dalam jarak yang dekat dan hasil yang detail.

Setelah mengetahui jenis lensa kamera HP mana yang tepat untuk Anda, maka ketahui cara pemasangannya apakah memudahkan untuk Anda atau sebaliknya. Pilih jenis lensa yang tidak mudah terlepas atau tidak menyusahkan Anda saat memasang atau melepaskannya. Cek apakah lensa kamera tersebut mencakup penuh lensa pada kamera hp milik Anda atau menutupi sebagian lensa.

Ketiga adalah kenyamanan saat menggunakan. Setelah Anda memasang lensa kamera tersebut di ponsel Anda, perhatikan apakah Anda nyaman menggunakan lensa kamera tersebut. Kenyamanan Anda akan berpengaruh pada hasil jepret. Misalnya Anda tidak nyaman karena lensa tersebut menghambat jemari Anda, akan membuat angle berubah dan hasilnya tidak seperti yang Anda inginkan.

 Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat memilih tambahan lensa kamera hp, adalah: 

  • Perlengkapan tambahan. Beberapa jenis lensa untuk kamera HP dijual dengan perlengkapan tambahan misalnya blower ataupun kuas untuk membersihkan lensa tersebut. Anda bisa mengecek apa saja tambahan yang Anda dapatkan dan apakah sesuai dengan fungsinya ataupun harganya.
  • Harga dari lensa tersebut. Lensa tambahan untuk kamera HP bisa puluhan ribu rupiah ataupun ratusan ribu rupiah. Sesuaikan harga lensa untuk kamera dengan budget yang Anda miliki sehingga Anda tidak terlalu menguras dompet Anda untuk membeli lensa tersebut.
  • Garansi yang diberikan. Apakah ada garansi untuk jenis lensa yang Anda beli atau tidak sehingga jika rusak dan dalam masa garansi, Anda bisa menggantinya di tempat dimana Anda membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *