Alasan Memilih Kamera Polaroid Ketimbang DSLR

Trend berbagi foto lewat media sosial memang membuat kamera menjadi salah satu perangkat populer saat ini. Entah itu kamera smartphone ataupun kamera DSLR banyak orang menggunakannya demi mengabadikan momen sehari-hari. Dengan tingginya permitaan pasar terhadap produk kamera, pabrikan kamera pun bersaing menciptakan kamera sesuai kebutuhan, diantaranya kamera polaroid.

Alasan Memilih Kamera Polaroid Ketimbang DSLR

Lein dari kamera digital ataupun DSLR untuk pengambilan gambar dengan kualitas tinggi profesional, kamera polaroid justru menyasar pengguna mereka yang ingin berfoto ria dengan lebih simpel. Mungkin kualitas yang dihasilkan tak setinggi kamera DSLR, namun jenis kamera instan ini tetap memiliki kelebihan lain. Apa saja?

  1. Ramah Pemula

Anda yang masih pemula dalam dunia fotografi atau cenderung ingin lebih simpel dalam hal penggunaan, pastinya kamera digital dan DSLR tidak masuk daftar pilihan. Ada banyak sekali pengaturan, tehnik dan kombinasi tombol yang wajib diketahui untuk mendapatkan gambar terbaik.

Kamera polaroid dirancang memberikan kemudahan hanya dengan sebutir tombol yang gunanya untuk menangkap gambar. Tidak ada setelan-setelan rumit yang perlu Anda pelajari.

  1. Cetak Foto Instan

Cetak hasil jepretan dari DSLR ataupun kamera digital, pertama Anda harus memindahkan file gambar dari kamera ke komputer terlebih dahulu. Belum lagi menyortir dan mengedit yang bisa memakan waktu berjam-jam lamanya sebelum dibawa ke percetakan atau dicetak sendiri.

Lain dengan polaroid yang jauh lebih cepat dari proses jepret hingga cetaknya. Sesaat setelah gambar ditangkap, maka foto tersebut langsung dicetak oleh kamera. Selanjutnya, Anda tinggal mengibas-ngibaskan cetakan foto tersebut. Proses pun selesai hanya dalam waktu kurang dari semenit.

  1. Cetakan Foto Lebih Bernilai

Hasil foto digital cenderung mudah dilupakan setelah dibagikan atau ditaruh di harddisk maupun cloud. Bisa jadi ada puluhan ribu foto yang tersimpan, terabaikan di penyimpanan saja.

Hasil cetakan kamera polaroid secara tidak langsung akan memaksa Anda untuk lebih menghargainya sebab gambar itu merupakan foto satu-satunya yang tak mungkin diulang dan tidak ada copy file-nya.

  1. Body Polaroid Lebih Menarik

Mudah digunakan dan memiliki desain body yang unik, membuat kamera polaroid cocok untuk dibawa traveling atau berkumpul bersama keluarga dan sahabat. Dibanding DSLR, kamera instan polaroid pasti jauh lebih bersahabat untuk event seperti ini. Ia juga akan lebih mudah untuk di match dengan style Anda saat itu juga. Tak hanya itu, refill film untuk polaroid sendiri juga memiliki bentuk yang menarik juga.

  1. Cetakan Foto Lebih Artistik

Ternyata, hasil cetak lembaran dari kamera polaroid juga memiliki nilai artistik yang masih bisa ditransformasikan lagi sesuai dengan kreatifitas Anda. Dibuat sebagai hiasan kamar, album kenangan hingga berbagai pernik kerajinan tangan menjadi beberapa pelampiasan yang paling sering ditemui. Frame (bagian putih) hasil foto polaroid juga bisa diisi detail yang ada dalam foto (tanggal atau nama) hingga quote untuk kenangan.

Baca juga Begini Tips Memperoleh Foto Terbaik Menggunakan Kamera Polaroid

Macam-macam kelebihan kamera polaroid tadi pastinya sangat menarik bagi Anda yang menginginkan hal lain dari sekedar foto, bukan? Kamera instan ini memang tidak menekankan kualitas foto, akan tetapi lebih ke pengalaman pengguna dan kreasi yang mungkin tercipta dari hasil foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *