Agar Hasil Foto Maksimal, Pelajari Teknik-Teknik Fotografi Berikut

Setiap kali melihat objek yang bagus atau indah, pasti kamu ingin sekali mengabadikannya, kan? Tapi terkadang apa yang terlihat di mata tidak sebagus yang ditangkap kamera. Jika sering mengalami hal serupa, kini saatnya kamu mengetahui teknik-teknik fotografi yang baik. Meskipun kamu hanya orang awam yang belum mengenal fotografi, ada baiknya kamu mengetahui teknik-teknik dasar pada fotografi agar kamu dapat menangkap gambar dengan baik. Untuk itu, pertama yang harus kamu punya adalah kamera. Jika kamu masih bingung kamera apa yang bagus digunakan untuk pemula, kamera tipe sony alpha bisa menjadi pilihannya. Kamera sony alpha merupakan kamera mirrorless yang dilengkapi fitur yang lengkap dan penggunaannya sangat praktis.

Kamera yang bagus memang sangat membantu kamu untuk mendapatkan gambar yang bagus. Tetapi, teknik fotografi pun harus kamu perhatikan. Berikut teknik-teknik fotografi bagi pemula yang harus kamu kuasai.

 

Type of shot

Dalam dunia fotografi, terdapat beberapa tipe saat kamu ingin mengambil gambar. Teknik ini berkaitan dengan luas area frame yang kamu miliki dan komposisi besaran objek. Type of shot dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu extreme long shot, digunakan untuk mengambil gambar yang sangat jauh, biasanya frame akan dipenuhi oleh objek sekelilingnya dibandingkan dengan objek utama. Kemudian, long shot yang dapat digunakan untuk foto full body. Lalu, medium long shot dan medium shot, digunakan untuk foto setengah badan. Pada teknik ini, komposisi antara objek dan background foto belakang memiliki komposisi yang sama. Selanjutnya, close up dan big close up, dan extreme close up, dapat digunakan untuk menangkap objek secara jelas dan rinci. Teknik ini dapat kamu gunakan ketika kamu ingin menangkap sesuatu dengan sangat detail. Pada teknik ini, objek utama akan mendominasi frame.

 

Rule of Third

Rule of Third merupakan salah satu teknik fotografi dasar yang harus kamu ketahui. Mungkin namanya terdengar asing tetapi jika dipraktikan, teknik ini tidak begitu sulit. Rule of Third merupakan komposisi yang membagi bidang foto menjadi sembilan kotak yang sama besar. Teknik ini digunakan untuk meletakkan point of interest dan point lines pada titik yang simetris. Sembilan garis bayangan tersebut dapat membantu kamu yang masih pemula untuk menempatkan objek pada titik tertentu. Sembilan garis bantu pada kamera akan memberikan kamu empat titik utama. Kamu dapat menempatkan empat titik utama tersebut untuk membidik interesting point tersebut.

 

Komposisi foto simetris

Masih berhubungan dengan garis, tetapi kali ini garis yang dibagi adalah garis simetris. Teknik ini sangat mudah dilakukan sebab kamu hanya perlu menempatkan objek pada tengah kamera. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa memakai garis bantu yang disediakan oleh kameramu. Selain itu, jenis foto simetris ini baiknya menggunakan fokus yang tajam dan objek yang dekat. Cara ini digunakan agar simetris yang dibentuk terlihat tajam dan jelas.

 

Fotografi high speed

Teknik selanjutnya adalah fotografi high speed. Teknik ini digunakan ketika kamu ingin menangkap gambar dengan kecepatan yang tinggi. Untuk itu, kamu dapat menggunakan shutter speed yang dapat menangkap gambar dengan kecepatan 1/8000 detik. Semakin cepat shutter speed yang digunakan, kamu dapat menangkap momen tanpa blur. Selain itu, agar hasil yang diciptakan maksimal, jangan lupa untuk mengatur ISO dan lensa dengan aperture yang lebih lebar.

 

Itulah beberapa teknik fotografi yang dapat kamu aplikasikan. Semoga dapat meningkatkan kemampuanmu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *