7 Cara Perawatan Kamera Ponsel Yang Tepat dan Benar

Perawatan kamera – Banyak dari kita kerap kali melupakan pentingnya menjaga kamera ponsel kita masing-masing dari segala macam debu, kotoran dan air karena kalau didiamkan terlalu lama kotoran-kotoran tersebut akan merusak kamera ponsel Anda. Selagi kamera ponsel Anda masih benar dan bisa digunakan, jangan sampai melupakan untuk senantiasa merawat kamera ponsel Anda.

Di bawah ini kami bagikan 7 cara perawatan kamera ponsel yang tepat dan benar:

 Baca juga: Ketahui Cara Perawatan Kamera Sendiri Tanpa Ribet

  • Bisa Gunakan Pasta Gigi:

Sedari dari dulu, pasta gigi ternyata mempunyai banyak manfaat sebagai elemen pembersih kaca kamera. Pasta gigi diketahui memiliki kandungan yang bisa mengikis goresan pada lensa kamera. Hal inilah yang membuatnya banyak digunakan untuk menghilangkan bekas gesekan yang mengganggu di lensa.

Namun, saat menggunakan cara ini kita harus pintar memilih pasta gigi mana yang bisa digunakan untuk mengelap lensa. Hal ini dikarenakan ada berbagai jenis pasta berbeda yang belum tentu bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut. Maka dari itu, pilihlah pasta gigi yang tidak terlalu banyak mengandung butiran-butiran gel atau semacamnya. Selain itu, menggunakan pasta gigi juga tidak boleh berlebihan karena ini justru akan membuat lensa semakin menipis karena terkikis. gunakanlah cutton bud untuk membersihkan lensa kamera hp agar lebih lembut dan aman.

  • Menggunakan lap khusus lensa kaca mata:

Apabila hanya terkena kotoran dan debu, maka cara membersihkan lensa kamera hp cukup dilap menggunakan pembersih khusus. Memang, lap pembersih khusus dirancang untuk melindungi lensa kaca mata agar terhindar dari goresan pada saat kita membersihkannya. Hal inilah yang membuat lap ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan lensa pada kamera. Oleh karena itu, jika lensa kamera kotor atau berembun, maka menggunakan lap khusus ini merupakan langkah paling tepat.

  • Bersihkan Kamera Handphone:

Selalu bersihkan kamera ponsel Anda secara rutin. Tapi, jangan asal membersihkan secara asal. Gunakan lap yang lembut agar tidak meninggalkan goresan pada lensa kamera handphone Anda.

  • Jauhkan dari Kontak Sinar Matahari Langsung:

Ini dia nih tips perawatan kamera  yang penting Anda ketahui. Buat Anda yang senang dengan foto-foto di outdoor, Anda harus mengurangi atau menjauhkan lensa kamera handphone Anda dari sinar matahari berlebih. Karena sinar matahari bisa membakar lensa kamera yang sensitif lho.

  • Jauhkan dari Kapur Barus:

Kenapa? Karena zat yang terdapat dalam kapur barus bisa membuat bagian sirkuit lensa kamera ponsel lama kelamaan jadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

  • Hindari Terkena Air Laut:

Air laut sejatinya dapat menyebabkan suatu logam jadi berkarat. Begitu juga dengan kamera. Jadi, buat Anda yang sering berfoto di pantai, baiknya lebih berhati-hati ya.

  • Servis di Tempat Resmi:

Jika handpone Anda rusak, ada baiknya Anda menservis handphone Anda di tempat servis yang resmi dan sudah teruji kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *