5 Tips & Cara Perawatan Kamera Mirrorless

Anda punya kamera? Kalau punya, apa jenis kamera Anda saat ini? DSLR, SLR, atau Mirrorless?. Semua jenis kamera tentunya mempunyai kelebihan dan keistimewaanya masing-masing. Tak terkecuali, dalam hal melakukan perawatan kamera, harus ada penanganan khusus dan kedisiplinan agar kamera yang Anda miliki tidak cepat rusak dan tetap selalu bisa digunakan kapanpun Anda mau.

Jika Anda saat ini mempunyai kamera Mirrorless sebagai kebutuhan hobi memotret Anda dalam dunia fotografi, kami akan bagikan 5 tips & cara perawatan kamera Mirrorless, yang bisa Anda jadikan bahan referensi.

Di dalam dunia fotografi modern, jenis kamera Mirrorless memang sedang populer dan digemari, desain dan tampilannya yang minimalis, ringan membuat kamera ini menjadi pilihan utama bagi penggiat fotografi baik amatir maupun professional.

1.Untuk menjaga  body kamera Mirrorless Anda agar tetap bagus dan keren, jangan lupa untuk senantiasa dan menyimpan kamera dalam suhu dan kelembaban udara yang maksimal. Seperti selalu menyimpan kamera dalam suhu ruang di bawah 45 derajat celcius dan kelembaban udaha di antara 40 s.d 60, menurut para pakar.

2.Usahakan selalu jangan menaruh kamera yang telah Anda gunakan disembarang tempat, yakni menghindari menaruh kamera  di samping atau di dekat dengan barang yang mempunyai radius gelombang electromagnetic cukup besar seperti televisi. Agar kamera mirrorless Anda tidak gampang tumbuh jamur atau merusak system mesin kamera.  

3.Jika setelah pemakaian, pastikan juga Anda meepas baterai kamera Mirrorless Anda  jika tidak sedang digunakan dalam waktu dekat maupun panjang. Meskipun kamera dalam kondisi off, kamera tetap menyerap daya yang ada pada baterai. Akibatnya, kualitas batera kamera Anda lama kelamaan akan menurun dan menjadi cepat drop,dan tak stabil.

Baca juga: Harga Kamera Mirrorless Berbagi Merek Terbaru, Februari 2017

4.Jangan lupa selalu menyimpan kamera Mirrorless Anda, di dalam ransel khusus kamera.  Agar terhindar dari benturan. Walaupun bentuknya minimalis,  Kamera Mirrorless tidak boleh ditaruh secara asal. Ada banyak tas kamera berkualitas tinggi dan ransel yang diproduksi dalam berbagai bentuk, ukuran, warna dan konstruksi. Menemukan tas kamera yang tepat atau tas bagus membutuhkan waktu. Untuk penyimpanan dan perjalanan, pilih tas multi-kompartemen kokoh yang memiliki perlindungan bantalan yang cukup dan antih air / tahan air. Usahakan memilih tas kamera, yang bisa menaruh dengan aman,simpel dan tersedia banyak ruang untuk menaruh segala perlengkapan kebutuhan kamera Anda.

5.Untuk tetap mempunyai lensa bawaan atau lensa tambahan selalu tampil maksimal, saat mengambil objek gambar, jangan lupa untuk selalu membersihkan lensa kamera mirrorless Anda. Untuk menjaga kebersihan lensa kamera Anda, bisa digunakan cairan pembersih kursus lens. Lakukankah perawatan pada lensa kamera Anda  secara rutin atau saat lensa terlihat cukup kotor.

Semoga 5 tips perawatan kamera mirrorless di atas bisa Anda jadikan bahan referensi dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *