4 Tips Membeli Kamera Action yang Bagus

Bagi Anda yang sedang mencari kamera action untuk keperluan pribadi dan lain sebagainya, harus tahu lebih dulu bagaimana cara memiliki action kamera yang bagus. Tujuannya adalah agar setiap momen berharga yang diabadikan memiliki kualitas yang baik dan diambil dengan menggunakan kamera favorit Anda. Lalu bagaimanakah cara memilih action kamera yang bagus? Berikut ulasannya untuk Anda.

4 Tips Membeli Kamera Action yang Bagus

Perhatikan frame rate

Frame rate merupakan jumlah frame yang dapat direkam oleh kamera action setiap detiknya. Semakin besar angka dari frame ratenya maka akan semakin halus gambar yang dapat direkam dan layar juga bisa membuat gerakan yang intens. Frame rate umumnya adalah 30fps. Tetapi ada juga produk yang memiliki nilai frame rate yang tinggi seperti 120fps dan juga 240fps dan biasanya digunakan untuk olahraga intens dan sejenisnya. Sebagai catatan, semakin tinggi nilai frame ratenya maka ukuran file juga akan semakin besar dan Anda harus menyediakan kartu memori yang memiliki kapasitas besar.

Kualitas gambar 4k dan full high definition

Ada dua jenis gambar yang saat ini sedang populer, yaitu 4K dan full high definition. Apabila Anda memilih kamera action yang memiliki kualitas gambar 4K, maka Anda harus pastikan bahwa layar TV atau komputer yang digunakan untuk memutar video mendukung kualitas gambar tersebut. Namun umumnya saat ini hampir semua produk LCD itu kompatibel dengan kualitas gambar 4K bahkan terus mengalami peningkatan. Maka dari itu, sebaiknya Anda memiliki kamera yang memiliki kualitas gambar 4K untuk investasi di masa depan.

Mengecek ukuran sudut pandang

Sudut pandang menjadi salah satu indikator sejauh mana kamera action Anda mampu menampilkan gambar. Umumnya kamera yang saat ini dijual pasaran memiliki sudut pandang mulai dari 130 derajat hingga 150 derajat. Tetapi ada juga bebrapa produk yang memiliki ukuran sudut pandang yang mencapai 200 derajat bahkan ada juga yang lebih dari 200 derajat sehingga bisa memotret gambar pemandangan secara dinamis. Namun apabila Anda bisa mendapatkan action kamera yang memiliki sudut pandang sekitar 180 derajat, maka gambar yang dihasilkan pasti akan lebih memuaskan.

Fitur peredam getaran

Kamera action biasanya diciptakan untuk kondisi ekstrem tetapi dengan hasil gambar yang jernih. Maka dari itu sebaiknya Anda memilih action kamera yang mempunyai fitur peredam guncangan. Tipe fitur peredam guncangan yang umumnya digunakan oleh sebagian besar produsen action kamera adalah tipe optical stabilizer. Tetapi dengan adanya evolusi teknologi, peredam getaran kini menggunakan tipe Balanced Optical SteadySHot yang ditanam pada beberapa kamera tertentu dan memiliki kinerja yang sangat tinggi dan bisa dibilang selangkah berada di depan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan pada saat ingin membeli action camera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *