4 Spesifikasi yang Wajib Diperhatikan Sebelum Anda Membeli Kamera Action

Kamera menjadi salah satu alat yang tidak boleh ketinggalan dibawa saat kita tengah travelling. Momen bahagia ketika jalan-jalan dan keindahan tempat yang dikunjungi menjadi salah satu hal yang perlu diabadikan. Meskipun begitu, untuk orang awam akan terlalu ribet jika harus membawa kamera yang berukuran besar. Sehingga, kamera action atau action cam pun menjadi pilihan yang paling digemari sebagai kamera travelling.

4 Spesifikasi yang Wajib Diperhatikan Sebelum Anda Membeli Kamera Action

Ukurannya yang minimalis didukung spesifikasi yang super membuat kegiatan travelling semakin asyik. Salah satu yang menjadi unggulan produk action cam sebagai kamera travelling adalah mempunyai wide-angle lens yang bisa menyajikan pemandangan sekitar 140 hingga 170 derajat. Sehingga keindahan pemandangan yang ingin diabadaikan tidak akan terpotong. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli kamera action terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni sebagai berikut:

  • Kekuatan Fisik

Kamera action menjadi andalan para traveller karena menawarkan hasil visual menakjubkan tanpa takut kamera akan rusak karena terbentur sesuatu. Hal tersebut pula yang membuat jenis kamera ini populer guna mengabadikan berbagai olahraga ekstrem luar ruang seperti panjat tebing hingga paralayang. Agar Anda semakin puas, pilihlah kamera bermaterial kuat yang ringan dan dilengkapi pelindung anti air.

  • Baterai

Tidak bisa dipungkiri peran baterai pada kamera sangat vital. Pastikan Anda memilih baterai dengan kapasitas yang besar untuk mengantisipasi kegiatan travelling yang mungkin memakan waktu cukup lama. Karena seperti halnya benda elektronik lain, semakin besar kapasitas baterainya, maka semakin lama daya tahannya. Kamera action yang bisa menjadi pilihan misalnya action cam Yi 4K dari Xiaomi yang berkapasitas 1.400 mAh. Kamera tersebut bisa membuat action cam standy by hingga 8 jam serta menjanjikan rekaman video berkualitas 4K hingga 120 menit dihitung sejak terakhir diisi dayanya.

  • Kualitas Video

Salah satu fungsi unggulan kamera action adalah dapat digunakan untuk membuat video dengan sudut pandang manapun tanpa takut kamera rusak jatuh atau terbentur. Umumnya, action cam dapat merekam video dengan resolusi 720p. Seiring perkembangan teknologi, action cam juga dilengkapi kemampuan merekam 4K (3840 x 2160). Jangan lupa untuk memperhatikan format hasil videonya. Pilih format .mp4 dengan codec H.264 agar lebih mudah diedit dengan perangkat lain.

  • Fitur Pendukung

Ukuran kamera action yang mini, tentu membuatnya memiliki tempat yang terbatas. Hal tersebut membuat action cam membutuhkan berbagai fitur pendukung berteknologi lainnya. Fitur-fitur yang disarankan pada action cam adalah WiFi, Burst, Time Lapse, Night Lapse, Support MicroSD, Support Playback to HDMI, ISO, Exposure, White Balance, dan Wide Angle. Perkembangan yang paling terbaru adalah fitur LCD Gorilla Glass dengan layar sentuh retina milik Yi 4K dari Xiaomi.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

Pastikan Anda memperhatikan hal-hal yang disebutkan diatas sebelum membeli kamera action, untuk mendapatkan kamera yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *