4 Langkah Mudah Bersihkan Lensa Kamera Agar Tak Tergores

Berbeda dengan zaman dahulu saat semuanya hanya bisa diabadikan dengan gambar atau lukisan, maka sekarang ini bahkan kenangan dalam bentuk putaran video juga dapat diabadikan secara lebih mudah, caranya adalah dengan mengandalkan kamera. Tentunya bukan hal yang baru lagi, sebuah perangkat teknologi yang bekerja berdasarkan cahaya, kemudian digunakan untuk mengabadikan sebuah gambar maupun video. Berbekal sebuah kamera berkualitas, maka apapun yang Anda ingin abadikan bisa disimpan dan diputar untuk jangka waktu lama. Salah satu bagian yang paling penting dari alat tersebut adalah lensa kamera.

Entah itu jenis kamera ponsel, Polaroid, hingga DSLR semuanya dilengkapi dengan bagian yang satu ini, karena lensa adalah tempat dalam menerima cahaya kemudian mengabadikannya, bagian yang satu ini sangat penting dijaga untuk membuat kualitas gambar yang dihasilkan juga jadi lebih bagus. Tak heran karena lensa kamera ini menjadi bagian yang paling vital, sehingga jika terjadi kerusakan maka biaya yang harus dikeluarkan guna perbaikannya juga sangat tinggi. Umumnya bisa sampai jutaan rupiah.

Untuk itu rawatlah dengan baik, lindungi dari benturan dan pastikan untuk selalu membersihkannya dari timbunan debu. Berikut ini setidaknya ada beberapa tips mudah di dalam membersihkan bagian lensa kamera tersebut sehingga nantinya tak tergores atau rusak, diantaranya adalah:

  1. Menggunakan blower, tentunya Anda sendiri meskipun melihat secara jelas, namun tak akan tau seberapa banyak timbunan debu yang ada pada permukaan lensa tersebut, sehingga alangkah baiknya membersihkan dengan blower terlebih dahulu. Dengan demikian maka nantinya debu-debu yang lengket tersebut bisa bersih secara sempurna, tanpa menyisakan sedikitpun.
  2. Gunakan lenspen untuk membersihkan bekas bercak jari, tak jarang diantaranya tanpa sengaja maka jari Anda menyentuh kaca lensa tersebut, jika tak dihilangkan maka nantinya akan mempengaruhi hasil pengambilan gambar, ada cap sidik jari di bagian atasnya. Untuk itu cara paling mudah untuk menghilangkan sepenuhnya adalah dengan memakai lenspen.
  3. Selalu membawa lens tissue kemanapun, ketika Anda ingin hunting gambar atau travelling, maka alangkah baiknya selalu membawa tissue untuk lensa ini, benda tersebut bisa dengan mudah didapatkan di toko dengan harga yang terjangkau, selain dapat dipakai untuk membersihkan kacamata, maka juga efektif mengatasi debu-debu yang menempel pada lens kamera tersebut.
  4. Memakai cairan pembersih yang banyak dijual di toko optik, cairan ini umumnya juga dipakai dalam membersihkan kacamata. Bisa di semprotkan secara merata sebelum nantinya diusap menggunakan tissue tersebut hingga bersih. Lakukan secara teratur untuk membuatnya benar-benar bersih.

Itulah cara mudah dalam membersihkan lensa kamera sehingga tak tergores juga hasilnya lebih efektif, karena lensa adalah bagian yang paling penting dalam menangkap gambar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *