4 Kiat Perawatan Kamera Analog Untuk Pemula

Perawatan kamera analog —– Setiap kamera mempunyai cara perawatannya berbeda-beda. Ada kamera digital yang memang harus dirawat dengan cara yang berbeda dengan kamera analog. Namun sederhananya, setiap kamera sedikit ada kesamaan dalam hal penanganan. Berikut cara merawat kamera analog untuk pemula, yang Anda bisa jadikan referensi bagi Anda yang saat ini memiliki kamera analog.

Berikut kiat perawatan kamera analog untuk pemula:

  • Menempatkan Kamera Pada Tempatnya:

Sebuah kamera harus ditaruh ditempat yang semestinya. Simpanlah kamera analog Anda di tempat yang sejuk, tidak terlalu lembab maupun tidak terlalu panas. Dengan kata lain harus dijaga suhu udaranya. Jauhkan dari debu. anda bisa membeli Lemari khusus penyimpan kamera tapi harganya masih relatif mahal, untuk alternativ lain anda bisa membeli Lemari kaca / kayu yang lebih murah, pasangkan lampu 5watt di dalamnya dan atur jarak dari lampu ke kamera anda sekitar 40cm agar suhu di dalam almari bisa tetap sejuk. kemudian letakkan beberapa silica gel untuk menghindari jamur.

  • Perhatikan Tempat Penyimpanan:

Selain tempat penyimpanan cara anda dalam menyimpan kamera juga harus diperhatikan. pastikan posisi anda meletakkan kamera sudah benar, bersihkan lah kamera anda sebelum menyimpannya. untuk penyimpanan dalam waktu yang lama keluarkan lah baterai dari dalam kamera untuk menghindri Over-charger., lepaskan lah kensa sebelum di simpan dan ingat di pasang bodyup nya pada lensa dan body Kamera. apabila anda membawa kamera dalam bepergian simpanlah kamera anda pada tas khusus tempat kamera atau tas yang memiki lapisan lebut yang lebih tebal dan pas dengan ukuran kamera anda agar terhindar dari goncangan.

  • Jauhkan Dari Paparan Sinar Matahari:

Usahakan & Hindari sinar Matahari berlebihan. Panas sinar matahari yang berlebihan bisa merusak bagian bagian kamera anda yang terbuat dari plastik dan karet serta komponen elektronik di dalamnya.

  • Jauhkan Dari Kapur Barus:

kapur barus adalah benda yang sangat di takuti oleh kamera, karena kapur barus dapat merusak PBC ( printed circuit board ) yaitu tempat dimana chip elektronik untuk kamera digital. Untuk kamera analog bisa merusak body. Karena uap kapur barus juga dapat membuat flek flek pada lensa kamera anda. menurut berita kerusakan pada kamera yang di sebabkan oleh kapur barus sangat sulit diperbaiki dan bahkan mungkin tidak bisa di perbaiki lagi.

Semoga tips cara perawatan kamera analog untuk pemula di atas bisa Anda jadikan referensi. Perlu diingat, apapun jenis kamera Anda. Anda harus tetap waspada dari segi pemakaian maupun cara menanganinya. Jangan sampai kamera Anda rusak dan tak berumur panjang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *