4 Hal Sepele yang Mempengaruhi Kualitas Jepretan Kamera Mirrorless

Kamera yang tak dilengkapi dengan cermin atau kamera mirrorless pada dasarnya merupakan pembaharuan dari produk kamera DSLR, jenis yang satu ini tampilannya hampir menyerupai DSLR, hanya saja ditawarkan tanpa sebuah cermin. Sehingga untuk ukuran memang jauh lebih ringan, namun ada dasarnya dalam hal penggunaannya juga tak jauh berbeda. Di pasaran sendiri umumnya ada beberapa merk yang memang mengeluarkan jenis kamera ini, seperti diantaranya adalah Fujifilm.

Produk mirrorless ini banyak dipilih khususnya adalah bagi masyarakat yang memiliki hobby travelling, umumnya mereka dengan hobby tersebut memang menyukai sebuah kamera yang ringan dan mudah dioperasikan, juga memiliki kinerja atau kemampuan yang sangat baik di dalam mengabadikan gambar. Sehingga lebih memilih jenis yang satu ini untuk digunakan. Untuk tawaran harganya di pasaran sendiri juga tergolong tak jauh berbeda dibandingkan dengan seri DSLR, sehingga beberapa orang memang memilih alternatif produk yang satu ini.

Adapun khusus untuk Anda yang memang masih pemula, maka berikut ini ada beberapa tips dalam memakai kamera mirrorless untuk dapatkan gambar yang berkualitas ketika menggunakannya, maka hal-hal sederhana ini juga harus dipertimbangkan, yaitu:

  1. Perhatikan jenis kartu memori yang digunakan, ada beberapa hal penting yang harus diketahui, bahwa kartu memori ini umumnya memiliki beberapa jenis, kualitas yang tinggi memungkinkan pemakaiannya juga lebih lama, bahkan di tempat yang panas sekalipun, sebaliknya ketika Anda membeli yang murahan, maka sudah pasti tak akan bertahan lama dalam penggunaannya, apalagi dipakai dalam mengambil video.
  2. Sebelum memutuskan untuk menjepret maka tentukan ukuran dan kualitas gambar yang diinginkan, misalnya ketika ingin hasil yang optimal maka nantinya Anda dapat memilih formal JPEG dengan kualitas extra atau high quality, dengan demikian maka ukuran gambar jadi sangat lebar dan juga tak mudah pecah meskipun di zoom hingga bagian yang tertinggi.
  3. ISO bisa diatur sesuai dengan kondisi pencahayaan di tempat tersebut, ketika ingin gambar hasilnya lebih cerah, maka naikkan ISO nya, namun satu hal yang harus diperhatikan, yaitu hindari menggunakan ISO tinggi ketika menjepret gambar di malam hari atau dalam kondisi minim cahaya, sehingga hasilnya tidak blur.
  4. Fokus, fokus ini adalah bagian yang sangat penting, khususnya untuk mendapatkan hasil gambar sesuai dengan keinginan, misalnya ingin memberikan efek fokus untuk satu objek, atau secara keseluruhan. Maka penting dalam mengatur fokus, apakah ingin autofocus atau menggunakan manual focus.
  5. Metering, bagian yang satu ini dipakai untuk mengukur jumlah cahaya yang masuk atau dipantulkan dari sebuah objek.

Sepele, namun sebenarnya hal-hal tersebut sangat mempengaruhi kualitas sebuah gambar yang Anda jepret menggunakan kamera mirrorless.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *