4 Fungsi Tripod Kamera Untuk Kebutuhan Fotografi

Peran dan fungsi Tripod bagi kebutuhan fotografi anda, sangatlah penting. Karena memberikan sensasi yang berbeda untuk aktifitas fotografi Anda agar lebih maksimal. tripod kamera anda adalah bagian penting dari daftar peralatan fotografer yang harus dibawa dalam keadaan tertentu. Jika anda baru memasuki dunia fotografi dan masih bingung dengan fungsi dan penggunaan tripod, ada baiknya anda membaca informasi dibawah ini sebagai asupan pengetahuan anda di dalam dunia fotografi.

Berikut pemaparan singkat 4 Fungsi tripod kamera untuk kebutuhan fotografi Anda:

  1. Meningkatkan ketajaman dan kekokohan:

Tripod yang stabil dan yang benar akan mengatur mendapatkan gambar yang lebih tajam setiap waktu. tes perbandingan membuktikan bahwa kecepatan rana yang cepat dalam kisaran sec 1 / 250-1 / 1000, gambar ditembak menggunakan tripod yang terukur lebih tajam dari pada  yang digenggam oleh tangan. Jika Anda membuat cetakan yang lebih besar, Anda harus menggunakan kecepatan rana yang lebih cepat, atau lebih baik lagi, tripod. Sistem optical image stabilization dibangun ke banyak kamera digital model akhir menghasilkan gambar genggam yang lebih tajam pada kecepatan rana lebih lambat dari aturan rekomendasi, tetapi ketika Anda menembak di focal length tele panjang dan / atau membuat cetakan dari 11 × 14 dan lebih besar, masih ada pengganti untuk tripod yang baik.

Baca Juga : Pentingnya Tripod Kamera Dalam Fotograf

  1. Meningkatkan kedalaman lapangan:

Untuk mencapai kedalaman maksimum di lapangan. Saat pengambilan gambar yang kritis, tajam dari objek. Anda harus menembak pada aperture yang relatif kecil, umumnya di f / 11 untuk f / 32 jangkauan. Dan untuk menjaga kualitas gambar yang tinggi, yang terbaik untuk membidik pada ISO 100 ke 400. Dalam kebanyakan kasus, kecuali Anda membidik di sinar matahari, ini berarti bahwa Anda atau kamera Anda akan memilih kecepatan rana yang relatif lambat untuk memberikan yang tepat eksposur. Kesimpulan yang tak terelakkan: Jika Anda memerlukan kedalaman ekstrim lapangan untuk efek bergambar atau seni, mengatur kamera pada mode Manual atau A (aperture-priority), pilih aperture yang kecil dan gunakanlah tripod kesayangan anda

  1. Meningkatkan framing presisi:

Sebuah tripod kamera adalah perangkat terpenting untuk meningkatkan kreatifitas dan produktifitas Anda, yang memungkinkan Anda untuk menyusun gambar sempurna menggunakan rotasi lateral yang miring (swing vertikal) dan  penyesuaian pada tinggi. Banyak tripod juga menyediakan kemampuan  untuk pengambilan gambar ekstrim atau sudut rendah. Menggunakan tripod juga satu-satunya cara yang nyaman untuk membidik gambar (objek) Anda.

  1. Meminimalkan guncangan kamera

Saat memotret objek yang dekat Anda perlu untuk menstabilkan kamera untuk memninalkan guncangan kamera. Dengan menggunakan tripod Anda tak perlu khawatir, karena bisa mengurangi guncangan pada kamera Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *