3 Tips Merawat Kamera dan Lensanya Agar Terhindar Dari Jamur

Merawat kamera memang perlu agar momen spesial Anda dapat diabadikan dengan maksimal. Komponen vital kamera yang perlu juga untuk diperhatikan perawatannya adalah Lensa. Karena seperti yang diketahui, lensa adalah ‘mata’ dari kamera yang berperan penting dalam menangkap kejelasan, warna, serta detail objek. Sayangnya bagian tersebut rawan terkena jamur sehingga perlu perawatan lebih. Supaya Anda lebih mudah merawatnya, simak 3 tips berikut agar kamera beserta lensa Anda terhindar dari jamur.

3 Tips Merawat Kamera dan Lensanya Agar Terhindar Dari Jamur

Simpan di Tempat yang Layak

Komponen elektronik serta sensor kamera bisa rusak jika ditempatkan pada kelembapan yang tinggi sehingga jamur mudah tumbuh dan berkembang di optik lensa. Begitupun jika tingkat kelembapannya terlalu rendah tidak bagus karena dapat mengganggu sistem mekanis kamera.  Tingkat kelembapan ideal pada lensa dan kamera adalah 40–50 persen Relative Humidity (RH). Agar lebih jelas, cek rentang kelembapan yang disarankan pada buku manual lensa dan kamera. Sehingga Anda disarankan membeli dry cabinet atau lemari khusus elektronik seharga Rp 1 jutaan di toko kamera guna mengontrol tingkat kelembapannya. Jika dana yang Anda miliki tidak mendukung, cukup gunakan kotak kedap udara dengan meletakkan beberapa kantung silica gel di dalamnya.

Jauhkan dari Kondisi Basah

Anda dapat merawat kamera dan lensanya dengan menjauhkannya dari air karena kondisi basah dapat menimbulkan kelembapan di dalam kamera sehingga menyebabkan komponen di dalamnya rusak, kecuali jika memang dilengkapi waterproof atau weather sealed. Jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung ke lensa jika Anda membersihkan bagiannya. Semprotkan cairan pada kain microfiber, lalu barulah usapkan ke lensa secara perlahan. Untuk mengantisipasi karat, jika Anda melakukan aktivitas pemotretan di dekat laut bersihkan kamera dengan kain microfiber yang sedikit dibasahi untuk menghilangkan sisa garam yang menempel pada kamera.

Baca juga: Tips Merawat Kamera DSLR yang Benar

Lepas-Tukar Lensa Secara Hati-hati

Lensa yang bisa dilepas-tukar menjadi salah satu kelebihan kamera DSLR dibandingkan kamera saku. Jika Anda melakukan penggantian Lensa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat kamera tersebut. Karena debu atau kotoran memiliki kemungkinan masuk ke dalam kamera dan menempel di sensor, sehingga hasil jepretan tampak memiliki noda. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Kalungkanlah tali kamera di leher saat melepas-tukar lensa. Lalu, posisikan kamera menghadap ke bawah. Setelah itu, sambil menekan tombol kuncian lensa, pasang tutup lensa depan (front cap lens) yang akan diganti. Lepas secara perlahan namun jangan sampai terlepas.
  • Ambil lensa baru yang akan dipasang. Pegang lensanya dengan satu tangan saat Lepas tutup lensa belakang (rear cap lens) dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau.
  • Gunakan tangan lainnya untuk melepas lensa lama. Pasang lensa baru dengan cepat kemudian putar hingga terkunci. Perlu digaris bawahi bahwa setelah mengganti lensa pastikan untuk mengaktifkan fitur sensor cleaning pada kamera untuk mengurangi risiko bercak debu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *