3 Hal Yang Perlu Anda Tahu Tentang Lensa Kit

Lensa kit adalah lensa “starter” yang umumnya lebih murah dari jenis lensa lainnya. Perangkat ini terdiri dari badan kamera, lensa, dan berbagai aksesori yang biasanya diperlukan untuk memulai fotografi SLR.

Awalnya lensa kit memiliki panjang fokus normal, namun lensa-lensa yang lebih baru cenderung menjadi lensa zoom murah yang berkisar dari sudut lebar menengah hingga pertengahan telefoto untuk menambah keserbagunaan. Lensa prime umumnya lebih cepat (f-number yang lebih kecil) dibandingkan lensa zoom dengan harga yang sebanding, sehingga perubahan lensa zoom berarti lensa kit yang baru-baru ini biasanya juga lebih lambat (f-number yang lebih tinggi). Namun, dalam banyak kasus lensa zoom murah digunakan untuk mempertahankan harga  sambil memaksimalkan kegunaan untuk fotografer pemula.

Berikut ada 3 hal yang perlu anda ketahui sebelum memilih lensa kit untuk kamera anda.

  • Lensa Kit Umumnya Memiliki Aperture Variabel Berbeda

Sebagian besar produsen kamera termasuk Kit Lense memiliki aperture variabel yang berbeda. Ini berarti  bahwa saat Anda meningkatkan panjang fokus, ukuran aperture maksimum dan minimum akan berkurang. Fitur ini membuat lensa jauh lebih murah dibandingkan dengan lensa bukaan tetap (Fix Lense). Akan tetapi, hal ini juga dapat membuat frustasi bagi fotografer berpengalaman yang mencari bukaan konstan (seperti f / 2.8 atau f / 4) di semua focal length. Untuk fotografer awal atau kasual, aperture variabel mungkin tidak akan banyak berpengaruh.

  • Ketahui Batas Lensa Kit Anda

Sebelum Anda mulai memotret dengan lensa kit, pahami bahwa ada stigma yang melekat pada mereka karena suatu alasan. Lensa ini sangat jarang menawarkan kualitas gambar terbaik sebagai trade-off untuk ukuran kompak dan harga yang lebih murah.

  • Temukan Sweet Spot

Ketika kita bicara tentang keterbatasan sebuah lensa, penting juga untuk mengenali kualitas spot yang benar-benar dimiliki oleh setiap lensa. Ada banyak proses yang tepat untuk menemukan sweet spot lensa Anda, karena penembakan di sweet spot akan menghasilkan gambar paling tajam dengan lensa tertentu.

Pertimbangkan Memilih Lensa Fix

Seperti disebutkan di atas, lensa kit biasanya memiliki kekurangan dalam menghasilkan gambar tajam taktis (terutama dalam cahaya rendah). Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan memilih tipe Lensa Fix yang memiliki ketajaman gambar maksimal.

Pilihan lensa fix akan bervariasi tergantung pada merek, anggaran, dan gaya fotografi Anda. Secara umum, sebaiknya gunakan lensa fix yang berada dalam rentang 35mm-50mm, karena 35mm adalah komposisi fokal terdekat dari mata manusia.

Sebagai contoh, dalam kasus pengaturan kamera Sony, lensa fix Pancake 20mm f / 2.8 adalah yang terbaik untuk melengkapi kit lense 16-50mm bawaan. Dengan penyesuaian tersebut, gambar yang dihasilkan bisa sangat tajam dan tentu saja mampu tetap memotret dalam keadaan cahaya rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *