Home Gadget Ketahui Pengertian dan Perbedaan Monitor LED, CRT, LCD, dan Plasma

Ketahui Pengertian dan Perbedaan Monitor LED, CRT, LCD, dan Plasma

by Caswitin
monitor LED

Kata monitor tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Termasuk juga dengan monitor LED, CRT, LCD, maupun monitor Plasma. Namun, banyak pula yang belum mengetahui perbedaan dari beberapa jenis monitor tersebut. Perangkat keras utama pada komputer bernama monitor ini memang memiliki beberapa jenis seperti yang telah disebutkan. Dan dari 4 jenis tersebut tentunya dapat dibedakan dengan mengenal lebih dalam ke 4 jenis monitor yang akan dijelaskan di bawah ini.
Mengenal Perbedaan Monitor LED, CRT, LCD, dan Plasma

1. Monitor LED

Monitor Light Emitting Diode atau yang sering disapa dengan LED ini merupakan monitor dengan perbedaan fisik yang cukup terlihat dibandingkan dengan komputer yang memiliki monitor lain sbeab bentuknya lebih ramping atau tipis. Meskipun sekilas terlihat sama dengan LCD, umumnya, fitur yang disediakan juga lebih lengkap seperti Digital TV internet, Digital Tv tuner, hingga touch screen. Meskipun dikenal mahal, namun jika disandingkan dengan kulaitasnya, maka tidak sedikit pula yang menganggap monitor LED sebagai monitor LED murah dan berkualitas. Sebagai contohnya para pengguna monitor LED Samsung dan monitor LED LG yang merasa puas dengan terpasangnya LED di merk komputer mereka masing-masing.

Kelebihan Monitor LED:
a. Memiliki kemampuan dalam konsumsi listrik lebih hemat sebab mampu menghemat konsumsi listrik hingga 50%-70% dibandingkan monitor LCD.
b. Dikenal sebagai monitor dengan usia pemakaian yang lebih panjang.
c. Memiliki kelebihan di bagian pencahayaan yang lebih baik dibandingkan LCD.
d. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa monitor jenis LED memiliki dimensi yang sangat tipis atau kondisi fisik yang ramping.
e. Memiliki jutaan pixels yang membuat kontras gambar yang disajikan menjadi sangat tajam.

Baca Juga:   Meninjau Google Pixel 2, Masih Layakkah Bercokol di Kelas Flagship

Kekurangan Monitor LED:
a. Dikenal sebagai monitor yang memiliki harga mahal.
b, Memiliki layar yang cenderung sensitif akibat dari bentuk fisik layarnya yang tipis.

2. Monitor CRT

Cathode Ray Tube atau yang memiliki nama lain monitor CRT ini merupakan monitor yang masuk pada golongan generasi kedua dari monitor komputer yang tersedia pada zaman sekarang ini. Monitor yang lebih dikenal sebagai monitor tabung atau cembung yang pernah tenar di tengah-tengah masyarakat ini memiliki bentuk yang besar dan membutuhkan ruang ekstra dalam penempatannya serta berat, sehingga sudah banyak ditinggalkan oleh masyarakat meskipun masih tetap diproduksi. Bahkan, bekerja di depan layar monitor jenis CRT juga cenderung lebih cepat melelahkan mata akibat teknologi yang digunakan adalah teknologi electromagnetic dan radiasi magnetic yang dapat merusak mata. Namun, monitor ini juga memiliki kelebihan seperti harganya yang murah, perawatan mudah, serta resolusi yang fleksibel.

3. Monitor LCD

Di samping monitor LED dan juga CRT, terdapat pula monitor lain jenis media visual yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama bernama LCD (Liquid Crystal Display). Pada monitor jenis ini memiliki sumber cahaya yang berasal dari lampu neon berwarna putih dan tersusun secara merata di bagian belakang susunan pixel dengan jumlahnya jutaan pixel hingga membentuk gambar. Hemat listrik, dimensi tipsi, sinar tidak melelahkan mata, dan kualitas gambar yang jernih, menjadi kelebihan tersendiri dari monitor LCD ini. Namun, harga service yang mahal dan layar yang cenderung sensitif menjadi kekurangan dari monitor jenis LCD ini.

4. Monitor Plasma

Terakhir terdapat monitor bernama plasma dengan layar yang datar emisif serta cahaya monitor dihasilkan dari phosphor yang tereksitasi oleh muatan plasma memiliki kelemahan dan kelebihan sebagai berikut sehingga dapat dibedakan dengan yang lain.

Baca Juga:   Xiaomi Redmi Note 7 Pro, Ponsel Canggih dengan Beragam Keunggulan

Kelebihan:
a. Memiliki bentuk yang ramping dan cantik.
b. Mampu menghasilkan rasio kontras tinggi.
c. Tidak memiliki pengkaburan gambar.
d. Dapat dengan mudah dipasang di dinding sehingga hemat tempat.

Kekurangan:
a. Penggunaan listrik pada monitor plasma cenderung lebih besar.
b. Kecerahan gambar dapat berkurang akibat fosfor yang dapat kehilangan cahaya.
c. Dapat terjadi pembakaran dalam bahkan dikatakan sebagai kondisi yang rentan terjadinya pembakaran tersebut.

Demikian pembahasan tentang monitor LED, CRT, LCD, dan Plasma yang dapat membuat Anda semakin bisa untuk membedakannya. Semoga dapat menambah wawasan untuk Anda…

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More